Minggu, 29 Desember 2013

Para Bomoh Peru Ramal Obama Menang Lagi


ERNESTO BENAVIDES / AFP Seorang dukun di Peru melakukan ritual tradisional untuk mencari pemenang pemilihan presiden AS dan menurut mereka Barack Obama akan terpilih kembali.

 
LIMA, KOMPAS.com — Jika berbagai jajak pendapat di Amerika Syarikat masih mendudukkan posisi dua kandidat presiden AS, Barack Obama dan Mitt Romney, dalam posisi berimbang, tidak demikian bagi sekelompok dukun tradisional Peru. Menurut ramalan mereka, Barack Obama akan memenangi pemilihan presiden kali ini.

Sebanyak 12  dukun, dengan menggunakan pakaian tradisional Peru dan marakas serta mengunyah daun koka dan menenggak minuman tradisional yang menimbulkan halusinasi, melakukan sebuah upacara tradisional di bukit San Cristobal di ibu kota Peru, Lima.

Mereka membakar dupa dan menggosok foto Barack Obama dengan bunga dan tanaman-tanaman lain. Praktik ini dilakukan untuk membawa keberuntungan bagi Obama. Para dukun ini juga "menyerang" foto Mitt Romney dengan marakas dan pedang.

"Apus (dewa kuno mitologi Peru) mengatakan kepada kami, Obama akan terpilih kembali," kata Juan Osco, yang dikenal dengan nama "Shaman of the Andes".

Dalam ritual ini, para dukun bernyanyi, bersiul, dan menari melingkar. Mereka juga mengunyah daun koka yang sudah digunakan sejak zaman kebudayaan Inca, yang bisa meringankan penyakit akibat ketinggian.

Sumber : http://internasional.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar